Selasa, 01 April 2014

Kisah Cerita Gasuku dan UKT Taekwondo



Cerita Gasuku dan UKT Taekwondo
Hai … Perkenalkan Nama saya Martin Cipta Yogi Manurung, saya Mahasiswa Gunadarma Tingkar 3. Saya mau Sedikit Bercerita Tentang Kegiatan saya mengikuti Bela diri Taekwondo. Awal saya mengikutin Bela diri Taekwondo Ingin Kebugaran Tubuh saya dan sebagai perlindungan bagi diri saya ketika hal kriminal terjadi. Saya memulai latihan dengan sabuk putih, ketika latihan saya banyak di ajarkan latihan menendang, memukul dan lain-lain. Setelah berapa bulan berjalan saya mengikutin Gasuku dan UKT di Bogor. Taekwondo UG menyelenggarakan Gasuku UKT(Ujian Kenaikan Tingkat) kegiatan berlangsung pada 15-16 januari 2014 dan bertempat di Villa 76,Jl.Taman Safari Bogor Jawa Barat. Kegiatan Gasuku danUKT rutin dilakukan setahun sekali hanya untuk gasuku,kegiatan UKT merupaka bentuk ujian atau seleksi kepada seluruh anggota bela diri taekwodo yang hendak naik tingkat.
Disana diadakan juga Kegiatan yang menciptakan kebersamaan dan kekompakan dalam kelompok. Gasuku merupakan ujian dari sisi teknik dan skill unuk memperoleh kenaikan sabuk. Untuk Ujian Kenaikan Tingkat Rutin diadakan Setahun Tiga kali.
Di Taekwondo dikenal tingkatan Sabuk : Putih, Kuning Polos, Kuning Trip, Hijau Polos, Hijau Trip, Biru Polos, Biru Trip, Merah Polos, Merah Trip 1, Merah Trip 2, Hitam DAN 1, Hitam DAN 2 , Hitam DAN 3, Hingga Hitam DAN 8.           
Ketika Malam sudah menjelang yang tepatnya pukul 12.00, setiap kelompok berkumpul di tempat yang sudah di tentukan oleh panitia dan kelompok telah di buat di sore harinya. Di dalam perjalanan ada pos-pos yang harus di lalui tiap-tiap kelompok, Ada 4 pos yaitu: Pos Teori, Pos Fisik, Pos Mental, Pos Kesimpula. Pos Teori menguji pengetahuan tentang taekwondo, Pos Fisik menguji fisik ,Pos Mental Menguji kedalaman Mental, Pos Terakhir pos Kesimpulan yang mengarah tentang dan tujuan dari gasuku itu sendiri.
Dan sorenya kami pun pulang ke rumah masing-masing dengan tubuh yang lelah tapi ada sebuah pengalaman yang tidak dapat diputar kembali di kehidupan.
Ini sedikit pengalaman saya yang saya tuliskan, bila ada kata-kata yang tidak berkenan mohom. Terima kasih ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar